Jumat, 24 Januari 2014

The Meaning of My Name

Apa sih hubungannya foto ini sama saya??? Begini ceritanya, simak baik-baik pemirsa.
Bapak (baris kedua dr bwh, org ke 6 dr kiri) saat mengikuti training di Taiwan
Seperti yang orang ketahui nama lengkap saya adalah Siti Amaranthi Andam. Entah berapa kali orang bertanya apa arti nama saya, saya pun sulit menjelaskannya sangking banyaknya makna dan arti dibaliknya.

Jauh sebelum saya bisa ke luar negeri (kapan ya???) nama saya sudah keliling dulu melintasi beberapa negara dengan pesawat udara, keren kan? Saat ibu baru mengandung saya, bapak dengan tega meninggalkannya. Bapak lebih memilih mengikuti training pertanian di Taiwan selama setahun lamanya. Sehingga saat saya lahir bapak tak mendampinginya. Nama saya pun dikirim melalui jasa pos. Tahu-tahu saat bapak pulang ke Indonesia, saya sudah berusia 2 bulan. Mungkin karena inilah nama saya berbau-bau pertanian. ‘Siti’ berasal dari bahasa Jawa yang berarti tanah. ‘Amaranthi’ berasal dari bahasa latin ‘Amaranthus’ yang merupakan nama ilmiah dari bayam. ‘Amaranthus’ sendiri berarti keabadian. ‘Andam’ berasal dari kata ‘Andaman’ yang merupakan nama sebuah pulau di utara Aceh (hehe, bapak kan dulu guru di Aceh). ‘Andaman’ sendiri berarti tanam. Jadi, Siti Amaranthi Andam bisa berarti bayam yang tanam di tanah. Mungkin bapak ingin agar saya tumbuh subur seperti bayam yang hijau, bisa jadi kaya popeye, tapi kenyataannya saya kurus kecil. haha.... Oh tapi jangan salah, otak saya sedikit cemerlang, ya lumayan subur lah. Makannya jangan heran kalau sejak kecil saya sangat suka makan bayam. Selama mengandung saya, ibu mungkin sering memikirkan beliau sehingga pola pikir saya pun lebih mirip dengan bapak saya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar