Minggu, 15 September 2013

Sanggaluri Park, Purbalingga



Kalau Yogya punya taman pintar maka Purbalingga punya Sanggaluri Park. Sanggaluri Park merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, selain Owabong, Goa Lawa, dan Akuarium Purbayasa.

Di tengah koleksi ular (Andam, 2013)
Hari-hari yang suntuk di tengah penyusunan tesis membuatku tertarik untuk mengunjungi Sanggaluri Park pada tanggal 5 September lalu bersama Enk Minuscula, teman kos dan kuliah yang selalu menemani dan tempatku berbagi, yach sekedar refreshing karena tempatnya tidak begitu jauh dari Purwokerto, hanya sekitar 30 menit saja. Suasana asri yang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota membuatku nyaman berada di sana. Biaya yang dikeluarkan juga cukup murah, hanya Rp 12.000,00 saja aku pun bisa menikmati berbagai objek di sana, seperti Insect dan Reptil Park, Wahana Iptek, Museum Uang, Museum Wayang dan Artefak, Rumah Boneka Lintang, Rumah Kaca, Rumah Prestasi dan Taman Buah.
Indahnya Butterfly (Andam, 2013)
Aku dan Enk sebenarnya takut dengan reptil, terutama ular. Di sana kami pun mencoba mengurangi rasa takut kami dengan melihat ular secara langsung. Terdapat banyak koleksi jenis ular di sana yang berasa dari berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya ular, di sana juga terdapat jenis reptil lainnya, seperti kadal, iguana, kura-kura, tokek, dan sebagainya. Herbarium insect juga ada di sana, seperti kupu-kupu dan kumbang yang dirangkai menjadi bentuk tertentu sehingga sangat indah begitu dipandang.
Merak si burung cantik (Andam, 2013)
Objek yang menarik selanjutnya adalah Museum Wayang dan Museum Uang. Di Museum ini aku belajar banyak hal, tentang kebudayaan tradisional Jawa, alat tukar masyarakat, dan benda-benda bersejarah lainnya. 
Yang unik lagi adalah aku bisa melihat burung merak secara langsung. Si burung cantik itu sedang membuka sayapnya, tanda sedang masa etrus. Keindahan sayapnya yang warna-warni membuatku takjub luar biasa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar