Kamis, 18 September 2014

Wisata Pemalang (Part 1)


Buku "Profil Pariwisata 2014 Pemalang" (Andam, 2014)
Alhamdulillah sore tadi saya berkesempatan mengunjungi Pemalang Expo yang digelar di Gedung Serba Guna Pemalang. Secara, jarang-jarang kan ada even seperti ini. Lumayan, dapat buku baru dan gratis pula untuk menambah buku koleksi saya, yaitu buku “Profil Pariwisata 2014 Pemalang” yang diterbitkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pemalang. Buat orang lain buku ini mungkin biasa saja tapi buat saya buku ini sangat bermanfaat sekali. Buku ini menyajikan informasi mengenai berbagai tempat wisata menarik yang ada di Kabupaten Pemalang, lengkap dengan informasi wisata kuliner, transportasi, dan akomodasinya. Tentu saja buku ini sangat bermanfaat sekali bagi saya dalam mengenal kota kelahiran saya ini, ya biar nggak buta Pemalang lah. Siapa tau kan ada teman yang main, saya pun jadi punya referensi. Hehe…
Mau tau tempat-tempat menarik apa saja yang ada di Pemalang? Yuk baca uraian berikut ini yang saya kutip dari buku “Profil Pariwisata 2014 Pemalang”.
1.     Pantai Widuri
Pantai Widuri terletak sekitar 2 Km ke arah Utara dari Pusat Kota Pemalang. Di Pantai ini kita dapat menjumpai adanya water park, dermaga, food court, dan sirkuit. Pengunjung bias menikmati pantai di dalam maupun diluar objek wisata Widuri.
2.     Pantai Keramat Sari (Blendung)
Pantai ini berupa pantai alami dengan hamparan pasir bersih yang terletak kurang lebih 32 Km timur laut Kota Pemalang yaitu di Desa Blendung Kecamatan Ulujami.
3.     Pantai Tingkir (Nyamplung Sari)
Tempatnya tak kalah menarik dengan Pantai Widuri dan Keramat Sari. Pantai ini terletak di Kecamatan Petarukan, sekitar 12 Km kea rah timur laut Kota Pemalang. Pantai ini banyak ditumbuhi Pohon Cemara dan Mangrove.
4.     Telaga Silating
Terletak sekitar 42 Km sebelah selatan Kota Pemalang, tepatnya di Desa Sikasur, Kecamatan Belik. Telaga ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang. Kita juga bisa menikmati sepeda air di telaga ini.
5.     Curug Bengkawah
Terletak tidak jauh dari Telaga Silating, sekitar 1 Km dan masih satu desa.
6.     Bukit Mendelem
Pertama kali saya melihat bukit ini saya dibuat takjub yang luar biasa. Bukit batu yang berdiri kokoh. Terletak di Desa Belik, Kecamatan Belik, tepat di belakang terminal Belik. Pohon-pohon hijau nan rindang mengelilingi bukit ini.
7.     Telaga Rengganis
Telaga ini terletak di Kecamatan Watukumpul dengan luas sekitar 1 Ha. Telaga ini dikelilingi oleh pepohonan pinus dan bersebelahan dengan Bukit Mendelem, hal ini menjadikan tempat disekitarnya sangat menarik untuk dijadikan objek heking dan camping.
8.     Agro Wisata Kebun Teh Semugih
Ini dia kebun tehnya orang Pemalang. Terletak di Desa Banyumudal, Kecamatan Moga, sekitar 45 Km dari Pusat Kota Pemalang ke arah selatan.
9.     Pemandian Alam Moga
Pemandian ini bersumber dari mata air alami yang memancar dari bawah kola mini. Terletak di Desa Banyumudal Kecamatan Moga.
10.Jambe Kembar
Jambe Kembar merupakan objek wisata keluarga dengan suasana pegunungan dan pedesaan, dilengkapi dengan rumah makan, penginapan, dan water boom.
11.Zatobay Water Boom
Terletak di bagian timur Kota Pemalang. Fasilitas yang ditawarkan meliputi kolam arus, playground pool dan ember tumpah, kids pool dan air mancur, serta Olympic pool.
12.Rainbow Rafting Comal River
Rafting ini dikelola oleh PT Jeram Indah Sungai Comal. Rute yang ditempuh kurang lebih sepanjang 8 Km yang dimulai di Desa Kebanggan Moga sampai Desa Kecepit Moga.
13.Desa Wisata Cikendung
Desa wisata ini terletak di Kecamatan Pulosari. Selain tempatnya yang asri karena dikelilingi oleh pohon-pohon yang rindang dan air terjun Watu Lawang, pengunjung juga dapat menikmati penampilan kesenian Silakupang yang memadukan antara Sintren, Lais, Khuntulan, dan Kuda Kepang.  
14.Wisata Mangrove
Terletak di Desa Mojo Kecamatan Ulujami. Selain menikmati hutan mangrove, pengunjung juga dapat menikmati kuliner seafood, yaitu bandeng cabut duri dan kepiting soka.
15.Makam Syeh Maulana Syamsudin Tanjungsari
Terletak di sebelah selatan Pantai Tanjungsari Pemalang.
16.Makam Syeh Pandandjati
Terletak di Bantar Bolang.
17.Makam Pangeran Benowo
Terletak di Desa Penggarit Pemalang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar