Jumat, 19 September 2014

Wisata Pemalang: Kuliner (Part 2)


Siapa bilang Pemalang nggak punya makanan khas. Ini dia makanan khas Pemalang yang saya kutip dari Buku “Profil Pariwisata 2014 Pemalang”. Kamu wajib mencobanya kalau berkunjung ke Kota Ikhlas ini.
1.      Nasi Grombyang
Nasi Grombyang (Sumber: kantinegogoth.com)
Sebutan nasi grombyang tak lain karena disajikan dengan banyak kuah. Sepintas terlihat mirip dengan rawon, hanya daging yang digunakan adalah daging kerbau. Lebih nikmat jika dinikmati dengan sate daging sapi dengan ukuran yang besar. Setiap sore, pedagang grombyang berjejer di sebelah utara Alun-Alun Pemalang. Jika siang hari, pengunjung dapat menikmatinya di Di Grombyang Bapak Warso, sebelah barat alun-alun atau Grombyang Bapak Waridin di Komplek Pertokoan Sirandu.
2.      Sate Loso
Sate Loso (Sumber: wisatakuliner.com)
Disamping rasanya yang bermacam-macam, ada manis, gurih, pedas, asam, dan daging terasa wangi, sate loso yang bahan dasarnya daging kerbau diyakini rendah kolesterol sehingga dampaknya aman bagi penyakit darah tinggi dan jantung. Disebut sate loso karena pencetusnya bernama Mbah Loso. Pengunjung dapat menikmatinya di Sate Loso Bapak Mulyono, jalan Urip Sumoharjo Pelutan atau di Jalan A.Yani Utara.
3.      Lontong Dekem
Lontong Dekem (Sumber: kepemalangan.com)
Bahannya tidak beda jauh berbeda dengan opor plus sambal goring, bedanya adalah makanan ini memakai daging bebek dan penyajiannya yang unik, yaitu mangkok yang sudah diberi irisan lontong disiram berulang kali dengan kuah kemudian ditumpahkan lagi. Mungkin inilah asal mula bernama dekem (rendam). Pengunjung dapat menikmatinya di dekat Alun-Alun Pemalang.
4.      Kue Kamir
Kue kamir (Sumber:indonesiakaya.com)
Kue ini terbuat dari adonan terigu, mentega, pisang ambon, tape, dan telur. Bentuknya pipih berwarna coklat, hampir menyerupai serabi. Makanan ini tersedia di berbagai toko di Jalan Jenderal Sudirman dan Pasar Pagi Pemalang.
5.      Rempeyek Kacang Hijau
Rempeyek ini menggunakan kacang hijau sebagai pengganti kacang tanah. Makanan ini dapat diperoleh di Pasar Pagi Pemalang.
Ogel-ogel (Sumber:bukalapak.com)
6.      Ogel-Ogel
Jenis makanan ringan dengan rasa yang gurih dan renyah. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan. Untuk membelinya, Anda dapat mengunjungi Toko Ogel-Ogel di BTN Kaligelang Pemalang.
7.      Keripik Buah Beger
Keripik buah ini tanpa bahan pengawet, lebih renyah, diolah dengan suhu rendah, warna dan rasa tidak berubah. Ada berbagai variasi yang ditawarkan, yaitu nanas, nangka, apel, dan salak. Untuk pembelian bisa menghubungi Bapak Abdul Munir (HP. 085878527535).

Minuman Vita Nas (Sumber:berniaga.com)
Selain kuliner di atas, Pemalang juga terkenal dengan produk perkebunannya, salah satunya adalah buah nanas madu. Selain dapat menikmatinya secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu, kini juga tersedia berbagai produk olahannya seperti manisan nanas, dodol nanas, dan minuman segar rasa nanas dengan merk dagang “Vita Nas”. Memang sih, produk-produk ini masih sulit ditemui di pasaran. Terus dimana donk bisa memperolehnya? Tenang saja, untuk manisan dan dodol kamu dapat memperolehnya di Toko Ogel-Ogel UD Cipta Jaya di Blok H1  Bu Darsono 0284-321662 Perumahan BTN Kaligelang, Pemalang. Sedangkan untuk minuman Vita Nas kamu dapat memperolehnya di Perumahan Graha Pesona Blok P  No.2 Widuri Pemalang atau kontak HP 081904477988 atau 085842144855.
Sekarang udah nggak bingungkan cari kuliner khas Pemalang.

1 komentar: