Jumat, 20 September 2013

Akuarium Purbayasa


Tinggal beberapa bulan lagi aku berada di Purwokerto, untuk itu aku pun tidak mau menyia-nyiakan waktu yang tersisa ini. Ketika kutinggal di suatu kota aku selalu bertekad untuk keliling mengitari kota tersebut dan sekitarnya, nah tak terkecuali dengan kota Purwokerto ini. Ya... itu adalah bagian dari hobiku yang suka travelling. Keuntungan lainnya adalah aku jadi ga buta dengan kota di mana aku pernah tinggal. Aku pun bisa menjawab pertanyaan orang “Kamu tinggal di ini pasti kamu pernah ke ....?” atau pertanyaan “Aku mau ke ..., kamu tau donk jalannya?”. Haha... yang jelas travelling akan membuka wawasan kita.
Kalau beberapa hari yang lalu aku pergi heking di Baturaden dan beberapa minggu yang lalu aku pergi ke Sanggaluri Park maka kemaren aku pergi ke Akuarium Purbayasa Pancuran Mas, Purbalingga. Seringnya aku melewati tempat ini membuatku penasaran untuk mengunjunginya. Rasa penasaran itu akhirnya terpecahkan pada hari kamis, 19 September kemaren dengan pergi bersama Enk Minuscula yang setia menemani perjalananku.

Nilik iwak (Andam, 2013)
Akuarium Purbayasa terkenal dengan koleksi ikan air tawarnya, terdapat banyak koleksi ikan di sana yang bentuk dan warnanya sungguh beraneka ragam, seperti ikan patin putih, ikan patin hitam, nila merah, ikan pelus, ikan mas koi, ikan arwana, ikan buaya, dan sebagainya. Dari sekian koleksi itu yang paling menarik adalah ikan arwana raksasa atau Arapaima gigas yang panjangnya mencapai 2 m dengan berat 1,2 kuintal. Serem liat ikannya walaupun termasuk ikan yang jinak.  
Selain ikan, di sana juga terdapat berbagai koleksi burung seperti burung kakak tua putih, kakak tua hitam, merak hijau, burung polandia, dan sebagainya. Di sana juga ada beberapa mamalia seperti landak, tupai, bajing, dan rusa.
Lumayan perjalanan hari itu, aku pun jadi tahu beberapa jenis ikan air tawar  dan hewan-hewan lainnya. Lantas apa yang akan aku peroleh dalam perjalananku selanjutnya??? Nantikan jawabannya hanya di Catatanku. Hahahaha....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar