Rabu, 01 Januari 2014

Yogya Again

Sepekan yang lalu, tepatnya tanggal 25 Desember 2013 saya berkesempatan mengunjungi Yogya kembali. Kali ini saya berkunjung ke teman lama saya Fefri, teman saya dari MTsN dan SMA. Ia tahu betul hobi saya yang suka jalan-jalan. Selama 2 hari di Yogya dia pun menjadi guide saya. Tempat utama yang ingin saya kunjungi adalah Candi Prambanan.
Di Komplek Candi Prambanan (Andam, 2013)
Saya merasa takjub begitu melihat Candi Prambanan atau Candi Rara Jonggrang. Kompleks candi ini terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta. Candi yang termasuk salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO ini merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya dengan candi Siwa sebagai candi utama memiliki ketinggian mencapai 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Sebagai salah satu candi termegah di Asia Tenggara, candi Prambanan menjadi daya tarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.
Selain mengunjungi Candi Prambanan, Fefri pun mengajak saya mengunjungi beberapa tempat menarik lainnya di Yogyakarta, seperti pusat oleh-oleh dan souvenir di Kawasan Jalan Malioboro dan Pasar Bringharjo. Saya pun tidak lupa untuk berbelanja buku di Shopping Center yang menjual berbagai jenis buku dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 5.000,00 sampai ratusan ribu.
Bersama Fayas dan Fefri di Shopping Center (Andam, 2013)
Fefri juga mengajak saya mengunjungi Kampus UIN (Universitas Islam Negeri) Sunan Kalijaga dan UGM (Universitas Gadjah Mada). Selain bangunan kampusnya, masjid di kedua kampus ini juga tidak kalah menarik. Saya pun tidak lupa untuk mengabadikan gambarnya dengan kamera yang saya bawa.

Masjid UIN Sunan Kalijaga (Andam, 2013)
Masjid Kampus UGM (Andam, 2013)
Oh ya, satu tempat menarik lagi dari Yogya adalah Tugu Yogya. Bentuk tugu ini sangat sederhana tapi penuh makna. Tugu ini sering keluar di film-film dan sangat menarik untuk menjadi objek bagi yang suka fotografer. Tapi hati-hati ya, letaknya yang persis di perempatan jalan membuat banyak kendaraan yang lalu lalang, jika tidak maka kita bisa tertabrak. 

Tugu Yogya (Andam, 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar