Jumat, 10 Januari 2014

Terima Kasih untuk Tesisku

Tesisku (Andam, 2014)
Alhamdulillahirabbil a’lamiinn... Puji syukur aku panjatkan ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan hidayah-Nya sehingga tesis dengan judul Populasi Lalat Musca domestica, Kuantitas Sampah, dan Perilaku Siswa di SMA Negeri 1 dan 2 Cilacap dapat diselesaikan dengan baik.
Karya kecil ini aku persembahkan kepada Almarhum Ayahanda Mukodam yang telah memotivasiku untuk menempuh pendidikan di Magister Ilmu Lingkungan UNSOED, Ibunda Siti Khotijah yang selalu membimbing dan mendo’akanku, Kakakku Putri Paramadina yang telah memotivasiku, Adikku Patria Annisa yang selalu menghiburku; dan semua orang yang berarti dalam hidupku.
Aku menyadari bahwa dalam penyusunan tesis ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Pada kesempatan ini, aku menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan terimakasih sebesar-besarnya kepada yang terhormat: Dr. rer. nat. Imam Widhiono M.Z., M.S. dan Dr. rer. nat. Moh. Husein Sastranegara, M.Si. selaku Dosen Pembimbingku yang telah banyak memberikan pengarahan, bimbingan, dan motivasi; Drs. Edi Basuki, Ph.D., Dr. Dwi Nugroho Wibowo, M.S., Dr. drg. A. Haris Budi Widodo, M.Kes., A.P., S.IP., dan Dr. Rawuh Edi Priyono, M.S. selaku Dosen Penelaah yang telah banyak menelaah dan memberikan pengarahan; Ketua Program Studi Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Jenderal Soedirman yang telah banyak memberikan ijin; Kepala SMAN 1 dan 2 Cilacap yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan penelitian; Segenap Guru, Karyawan, dan Siswa SMAN 1 dan 2 Cilacap yang telah banyak membantu pelaksanaan penelitian; BPKLN Kemendiknas yang telah membiayaiku selama menempuh pendidikan magister, termasuk biaya penelitian; Ir. Tyas Agung Pribadi, M.Sc.St. atas motivasinya; teman-teman alumni kelas    I-mhere Pendidikan Biologi UNNES angkatan tahun 2007 yang saling memberi motivasi dan semangat.
Terima kasih yang sebanyak-banyaknya juga aku sampaikan kepada Enk Minuscula dan Ayu Mouri yang telah mau membantu, memberi semangat, dan mendengar keluh kesahku; Neng Icha yang telah meminjamkan buku dan membantu sampling; Teh Icha, Bung Aris, Mas Bani, dan Mas Capcay yang sudah membantuku sampling; Mas Bro Alam yang sudah membantuku mengurus surat-surat dan mengajariku beberapa program untuk analisis data; Hani yang telah membantuku membuat peta; Mas Yogi yang telah mengantarku survai; Mas Usdi yang telah mengantarku survai untuk yang pertama kalinya dan membantu mengurus perizinan penelitian; dan teman-teman Mahasiswa Beasiswa Unggulan Magister Ilmu Lingkungan SKS 2011/2012 lainnya yang telah banyak membantu dan selalu memberiku motivasi; serta semua staff pengelola MIL Unsoed Mas Heri dan Mas Luqman yang telah membantu dalam kelancaran administrasi.

Semua pihak yang yang telah memberikan bantuan dan dukungan baik moriil maupun materiil demi terselesaikannya tesis. Semoga Allah berkenan memberikan balasan yang sebaik-baiknya dan berlimpah rahmat. Semoga tesis bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta menjadi bahan kajian dalam bidang ilmu yang terkait. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar