Minggu, 24 November 2013

Takdir itu Begitu Cantik



Takdir Allah itu begitu cantik jika kita dapat menghubungkan dan memahami setiap kejadian yang ada. Alhamdulillah akhirnya aku ujian tesis juga pada hari kamis, 21 November 2013 setelah tertunda hampir 3 bulan lamanya sejak di ACC untuk ujian pada tanggal 29 Agustus 2013 lalu. Awalnya bukan hal yang mudah untuk bisa menerima ini. Usahaku yang keras untuk bisa ujian cepat demi bisa membanggakan bapakku yang saat itu sedang sakit parah, di saat yang lain beristirahat dari aktivitas tesis aku malah rajin bimbingan. Ya aku ingin segera ujian dan berharap bisa lulus dalam masa studi 1,5 tahun dan wisuda di bulan Desember. Namun yang terjadi ternyata tidak sesuai dengan kuharapkan. Begitu ACC kedua dosen pembimbingku harus pergi ke luar negeri. Aku pun mulai menghibur diri dengan berpikir positif.  sejak itu ku isi hari-hariku dengan mengikuti les toefl, sesekali aku pulang ke rumah untuk menjenguk bapak, dan sesekali pula aku jalan-jalan di sekitar Purwokerto sesuai dengan salah satu misiku “Ketika tinggal di suatu kota, aku harus tahu kota itu”.
Ternyata dalam masa penantian itu, Allah berkehendak lain. Bapak yang selalu menanyakan kapan ujianku menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 3 Oktober 2013 lalu. Sejak saat itu ibuku pun harus menjalani iddahnya selama 4 bulan 10 hari lamanya yang berarti akan berakhir sekitar bulan Februari 2014 nanti. Ini adalah salah satu rencana Allah, jika aku ujian cepat mungkin aku tak bisa menemani bapak di masa-masa terakhirnya dan jika aku wisuda bulan Desember ibuku juga tak bisa menghadirinya karena masih dalam masa iddah.
Alhamdulillah, ujian tesisku kemaren berjalan dengan lancar, hanya berlangsung sekitar 40 menit, kedua dosen pembimbingku juga begitu baik, pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan juga tidak begitu sulit. Berbeda dengan teman-temanku yang umumnya ujian tesis sekitar 1,5 jam lamanya dengan berbagai pertanyaan yang sulit, “Pembantaian” nama lainnya. Jadi teringat dengan ujian proposal tesisku bulan Januari lalu yang hanya berlangsung selama 50 menit dan ujian skripsiku lalu yang juga hanya 1 jam. Allah memang menyayangi dan melindungiku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar