Selasa, 01 Mei 2012

"EMBER Class"


Berbicara “Ember Class” otomatis berbicara I-MHERE Class  Biologi UNNES angkatan 2007. Kelas ini dibiayai oleh I-MHERE sehingga disebut I-MHERE Class. I-MHERE Class adalah kelas unggulannya program studi Pendidikan Biologi UNNES. Katanya sih kelas internasional gitu. Tapi anak-anak di kelas ini lebih sering menyebut dengan “Ember Class”. Disebut demikian karena anak-anak dikelas ini cerewet, kritis, dan rame layaknya ember. Mereka juga berani memprotes dosen secara terang-terangan, berani ngomongin dosen juga. Nonton video pake LCD proyektor, ada Prince dan Princess. Ada aja deh tingkahnya….
Meski katanya kelas internasional, tapi prasarananya sama aja dengan kelas reguler lainnya. Ketika lulus pun izajah kami tak ada bedanya. Tapi, mereka dapat kemampuan yang lebih dalam banyak hal. Hmmm... sok tau banget ya.
Kelas ini berdiri sejak aku semester 5, tepatnya pada tahun 2009. Aku adalah salah satu dari personil “Ember Class”. Pembelajaran di kelas ini berbeda dengan kelas regular biasa, terutama dalam pembelajarannya yang bilingual, Inggris-Indonesia. Hmmm…. Ga semua anak yang masuk kelas ini bisa bahasa Inggris lho. Kebanyakan dari mereka adalah anak-anak yang confident, meski bahasa Inggrisnya pas-pasan. Saat presentasi ataupun mengerjakan tugas seringnya in English. Seringnya sih kami ga mudeng juga. Hehe….. kebanyakan dari kami berpikir kelas ini adalah kelas motivasi untuk meningkatkan kemampuan English kami.
Sesuai dengan kelasnya, saat PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) pun, kami diterjunkan di sekolah RSBI. Kebayang donk, pembelajaran di RSBI kaya apa. Pake bahasa Indonesia aja ga mudeng, apalagi bahasa Inggris, otomatis harus mengulang berkali-kali biar para siswa paham.
Para Personil "Ember Class"

Kelas ku adalah angkatan yang pertama ada I-MHERE Class. Jumlah semua mahasiswa di kelas ini ada 33 orang. Uniknya lagi, dari 33 orang mahasiswa cowoknya hanya 2 orang, udah itu, nama mereka juga mirip cewek, Dasa Novi dan Upik Dwi. Hahaha…. Sampai bulan April 2012 masih ada beberapa dari mereka yang masih setia dengan dosen-dosennya, sehingga masih setia juga nungguin kampus UNNES tercinta. Mereka yang udah lulus kini beragam profesinya, seperti Nurin dan Ayu yang sedang hunting beasiswa S2 ke Australia dan juga mengajar di Neutron, Upik yang melanjutkan S2 UGM, Ova yang melanjutkan S2 UNS dan mengajar di SD Islam di Solo, Marta yang melanjutkan beasiswa S2 UNDIP, Fista yang udah ngajar di MTsN Jepara dan menikah dengan pengusaha ukiran Jepara, Azijah yang mengajar di SMA Semesta Semarang, Putri yang menjadi guru SMP Semarang, Anis yang mengajar di Primagama Pemalang, Tina yang mengajar di Primagama Wonogiri, Zubed dan Novi yang mengajar di Aceh ikut program 3T Pemerintah, Fitri yang ikut KKT, Lutfi yang jadi guru privat, serta aku sendiri yang melanjutkan S2 di UNSOED sambil mengajar di Ganesha Operation.
Demikian sekilas tentang “Ember Class”. Buat teman-teman yang lain aku tunggu kabarnya. Buat yang belum lulus ayo terus semangat. Aku yakin kalian pasti bisa. Boleh tuh, 10 atau 15 tahun lagi kita reunian, pasti seru deh, apalagi kalo ngajak keluarga kita. Mohon maaf  ya bila ada kesalahan penulisan nama dan profesi. Hahaha….. kayak kartu undangan aja. Sukses buat kalian  ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar