Rabu, 25 April 2012

Semua itu Tidak Salah


Banyak yang bilang aku salah masuk jurusan Ilmu Lingkungan.

 “Andam, kamu itu cocoknya jadi guru, kayanya kamu salah jurusan dech”, kata-kata yang sering kudengar dikelas.

 Tapi apakah itu benar??? Hmmm, ga salah tapi juga ga benar. Memang terkadang aku juga sempat mikir kaya gitu. Tapi Siapa bilang aku salah masuk, ingat! Pendidikan itu luas ga Cuma jurusan pendidikan.  Aku selalu ingat pesan Pak Tyas:

 “ Ketika kamu ambil S2 nanti jangan Cuma berpikir ngambil Magister Pendidikan, kamu boleh ngambil yang lain, tapi semuanya harus dipandang dari sudut pendidikan sehingga masih sinkron dengan S1 kamu yang pendidikan.” 

Nah perkataan itulah yang sekarang jadi pegangan aku. Meski aku sekarang ngambil Magister Ilmu Lingkungan dan bergaul dengan orang-orang lingkungan, aku selalu berusaha memandang lingkungan dari sudut pendidikan. Lulusan ilmu lingkungan juga ga harus jadi konsultan lingkungan untuk mendapatkan uang banyak, jadi pendidik pun bisa. Sebagai contoh, salah seorang guruku mendapat bayaran Rp 200.000/Jam ketika memberikan jam tambahan olimpiade. Contoh lain: salah seorang rekanku yang baru saja lulus S1 mendapat bayaran Rp 100.000/3 jam ngajar olimpiade. Ya meski penuh dengan perjuangan. Tapi ingat! Pendidik adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan ilmunya terus mengalir di dunia dan akhirat.

2 komentar:

  1. Ingat sabda rosululloh SAW, ketika ingin kemulyaan duniawi maka hrs menggunakan ilmu duniawi namun ketika menginginkan kemulyaan akhirat dan dunia maka hrs menggunakan ilmu akhirat.

    semua ilmu akan membawa kepada pemiliknya di angkat derajatnya oleh ALLOH SWT. sehingga yakin lah bahwa itu semua pasti akan bermanfaat dan membawa pemiliknya ke Surganya ALLOH

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn ya Rabb.... mudah-mudahan ilmu kita bermanfaat di dunia dan akhirat.

      Hapus