Minggu, 08 April 2012

Bersepeda


7 April 2012
Pagi ini aku kembali bersepeda menghirup udara segar sembari keliling mengitari jalan-jalan di Purwokerto. Ini adalah ketiga kalinya aku bersepeda sejak menginjakkan kaki di kota SATRIA ini. Untung saja ada seorang teman baik hati yang mau meminjamkan sepedanya kepadaku. Maklumlah, belum ada budget buat beli kendaraan ramah lingkungan ini. Berkat bersepeda kini aku sudah tahu beberapa jalan dan tempat di Purwokerto, seperti Jl. Soeparno, GOR Satria, Jl. HR. Bunyamin, Jl. Jend. Sudirman, Jl. Kampus, Jl. Soeharso, Hotel Aston, Jl. Dr. Angka, dan Jl. Karangkobar. Belum banyak memang, tapi setidaknya aku sudah tahu beberapa.
Bersepeda itu selain sehat juga melatih kita hidup sederhana. Karena alasan itu, bapak membiasakan kami selaku anak-anaknya untuk bersepeda sejak kecil. Bahkan sepeda adalah kendaraan favorit bapak. Aku masih ingat saat kecil dulu aku selalu diantar bapak menuju sekolah TK dengan sepedanya. Bapak tak pernah lelah meski harus mengayuh sepeda sejauh 3 Km dengan jalan yang naik turun. Aku juga masih ingat benar saat bapak tetap mengantarku sekolah meski ban sepedanya sangat kempes dan harus melalui tanjakan yang sangat terjal. Aku tak pernah malu ketika teman-temanku yang lain telah diantar dengan sepeda motor mereka, aku justru bangga dengan kesahajaan bapakku. Bukan berarti bapak tak mampu untuk membeli sepeda motor, tapi karena beliau lebih memilih untuk menyisihkan sebagian pendapatan keluarga kami guna membiayai sekolah adik-adik ibu dan bapak di Jawa.
Bapaklah orang yang pertama kali memiliki sepeda di komplek tempat kami tinggal, ini pun menjadi ciri khasnya di kalangan warga komplek. Saat ku kecil, teman-temanku pun banyak yang ikut-ikutan membeli sepeda seperti keluarga kami. Aku pun senang karenanya sehingga akan semakin banyak teman untuk bersepeda.
Kebiasaan bersepeda terus berlangsung hingga kini. Setiap akhir pekan biasanya bapak akan mengajak anak-anaknya untuk bersepeda mengitari Pemalang, seperti ke pantai ataupun ke desa-desa. Bahkan bapak sendiri seringkali bersepeda ke luar kota seperti Pekalongan, Tegal, Brebes, dan sampai ke Jawa Barat.
Ayo teman-teman, jangan sungkan-sungkan mencoba ya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar